Thursday, October 20, 2016

Sharing cerita pengalaman MLM Enagic (Kangen Water)

Sebelum bergabung dengan sebuah MLM memang harus hati-hati dan waspada serta mempelajari terlebih dahulu kiat-kiatnya agar sukses dan tidak merugi. Disini saya mau sedikit bercerita tentang saya bergabung dengan Enagic, sebuah mesin filter air dengan harga selangit yang dijual dengan sistem direct selling atau singkatnya MLM.
Saya akan ceritakan disini pahit manisnya untuk menjadi masukan saja, karena pastinya membeli mesin dengan harga puluhan juta bukanlah keputusan yang mudah. Pasti banyak yang harus dipertimbangkan, dan semoga tulisan saya bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli.

Awal mulanya, Pada tahun 2016 ada seorang teman ngopi ayah saya mengajak ayah saya datang ke seminar kangen water. Dan saya diminta untuk menemani. 
Yang bikin saya terkesan adalah, gak seperti kebanyakan seminar MLM lain yang kebanyakan minta uang pendaftaran, seminar tersebut benar-benar gratis, dan dapat snack box beserta kangen water gratis pula. Tempat juga bukan di tempat abal-abal tapi di ruangan meeting hotel gitu.
Selain itu yang membuat saya semakin impressed adalah di dalam seminar tersebut tidak ada unsur pemaksaan, motivasi hiperbolis, atau manipulasi perserta yang hadir. Cuma demo air dan sharing santai cerita testimonial orang-orang yang sudah memiliki mesin.

Singkat cerita ayah saya akhirnya membeli mesin Enagic tipe SD501 Leveluk. Karena pada dasarnya ayah saya emang gampang kemakan omongan sales dan punya duit nganggur. saya pun juga ga ngelarang. Karena dari segi legalitas perusahaan anda ga perlu ragu. Kantornya aja di salah satu gedung paling elit di Jakarta, The Plaza (atasnya Plaza Indonesia), produsen asalnya dari Jepang selain itu produknya juga sudah dijual secara global di berbgai negara.

Bagi yang sudah pernah ikut seminar Enagic, pasti bertanya-tanya apa iya saya bisa sekaya leader saya? Jawabannya mungkin saja. Tapi sekadar tips saja, sebelum anda membeli mesin tersebut anda harus mengkopi skill bicara, skill public speaking, dan skill mingling leader anda itu. 
Saya akui skill public speaking leader saya itu juara banget dan berhasil menjual mimpi kepada para downlinernya. Memang itu tidak mudah, but hey, there's no easy way to be rich!

Jadi skill "nyales" itu penting banget, jika anda tidak ada pengalaman menjadi sales, atau punya kepribadian pemalu atau gak suka ngomong akan sulit sekali menjual mesin tersebut. Ingat yang ada jual ini mesin seharga puluhan juta, bukan ratusan ribu. Ada gitu orang yang dengan mudahnya membeli barang semahal itu? Kalau gak tajir banget kayanya gak bakal deh. Kecuali itu tadi, anda punya skill untuk menggaet banyak prospek.
Saya sendiri belum menjual mesin satupun, ya karena memang sulit sekali menjual mesin seharga puluhan juta. Dan ingat, jika misalnya kita berhasil menjual 1 mesin, berarti orang tersebut telah menjadi downliner anda. Dan kita memiliki tanggung jawab terhadap downliner tersebut.

Jika ada hal yang dia tidak mengerti terutama soal mesin tersebut harus kita jelaskan satu persatu, dan jika ada kerusakan mesin anda harus datang ke rumahnya untuk membantu mengecek dan memberi solusi, juga memberi penjelasan dan tips-tips menjual kangen water dan mesin enagic. Jika anda berhasil menjual 2 mesin, berarti tanggung jawab anda dobel, dan seterusnya. Setidaknya itu lah yang sudah dilakukan upliner saya sejauh ini, mengayomi semua downliner.
Dan jujur saya sih belum mau menanggung tanggung jawab seperti itu. Apalagi jika downliner tersebut teman kita sendiri yang beli mesinnya nyicil atau pakai tabungan dia dan saya pasti ga akan tega kalau ternyata menjual mesin ini tidak semudah yang digembar-gemborkan.

Bagaimana menjual airnya? Yah saya sendiri menjual kangen water. Dan khasiatnya memang sudah dirasakan banyak orang, tapi karena harganya yang jauh lebih mahal ketimbang aqua galon, jadi jarang ada orang yang mau beli air secara rutin. 
Jadi kalau mau cepat balik modal dari penjualan air, anda harus benar-benar berjibaku dan kerja keras promosi sana-sini. Karena pemilik mesin ini juga makin banyak tentunya, jadi persaingan penjualan air semakin ketat.

Dan sebelum saya datang ke seminar kangen water, teman ngopi ayah saya saya sempat bilang bahwa penghasilan dari jual kangen water dan mesin mencapai belasan juta perbulan dan dia mau keluar dari tempat dia bekerja untuk fokus jualan mesin. Yang nyatanya sampai sekarang dia masih kerja kantoran.
Jadi sebelum anda termakan iming-iming tersebut, pastikan calon upliner tersebut benar-benar keluar dari pekerjaan tetapnya, dan kalau berani anda minta lihat rekeningnya. Bener ga ada uang berjuta-juta yang masuk tiap bulannya hehe. Atau paling banter anda perhatikan saja, apa ada perubahan life style? Yang tadinya naik angkot, jadi naik mobil. Yang tadinya ngontrak, bisa beli rumah, dsb. Yah daripada menyesal kemudian dan uang tak bisa kembali.

Dan nantinya ketika anda sudah benar-benar sudah membeli mesin, anda juga harus melakukan iming-iming seperti itu untuk menggaet banyak prospek. Dan jujur saja, hati nurani saya tidak bisa melakukan hal seperti itu.
If something is too good too be true, because it's a lie.

Oh iya, setiap tahun kita juga harus mengganti filter yang ada dalam mesin seharga 1,5 juta. Juga perlu membeli bubuk pembersih yang digunakan untuk membersihkan mesin. Serta spare parts penunjang lainnya. Semua dapat dibeli di kantor pusat enagic, di gedung The Plaza. Dan tiap kali saya kesana, itu mba-mbanya judes banget, ngelayaninnya ogah-ogahan. Jawabnya males-malesnya, mukanya jutek. *tepok jidat*
Dan sekarang mesin tersebut dipakai untuk kepentingan pribadi aja sih, dipakai untuk minum sekeluarga. Dan sesekali jualan air bila ada yang mau beli.

Jadi kesimpulannya jika anda sudah memiliki skill sales yang mumpuni untuk menggaet banyak prospek, serta bersedia bertanggung jawab atas downliner-downliner anda nantinya. Silahkan anda bergabung dan membeli mesin. Saya yakin bila anda sudah memiliki modal tersebut (modal skill, modal tanggung jawab, dan tentu saja modal uang) anda bisa menjadi leader yang sukses. Uang ratusan juta perbulan akan masuk ke rekening, seperti yang sudah diraih oleh leader saya (bukan saya, hehe)

Punya pengalaman unik bergabung di MLM? Yuklah share ceritanya di komen...

42 comments:

  1. If something is too good to be true, it is because it's a lie.
    Very good point.
    Mayoritas MLM masuk dalam scope "hukum" di atas.
    Teman2 says yg ikut a*way gak kelihatan sesukses yg digembar gemborkan. Ciri2 MLM yg buruk sebenarnya tdk sulit diidentifikasi: harga produknya cenderung sangat mahal dibanding barang sejenis, tentu dgn iming2 sales: barang INI beda dgn yg di pasaran. Do you believe that?

    Sekarang, UMROH aja dibikin MLM.

    Better be careful thd lidah lihay sales.

    ReplyDelete
  2. If something is too good to be true, it is because it's a lie.
    Very good point.
    Mayoritas MLM masuk dalam scope "hukum" di atas.
    Teman2 says yg ikut a*way gak kelihatan sesukses yg digembar gemborkan. Ciri2 MLM yg buruk sebenarnya tdk sulit diidentifikasi: harga produknya cenderung sangat mahal dibanding barang sejenis, tentu dgn iming2 sales: barang INI beda dgn yg di pasaran. Do you believe that?

    Sekarang, UMROH aja dibikin MLM.

    Better be careful thd lidah lihay sales.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yesss! udah pernah diajak/ikut seminar kangen water belum? :D
      for now and forever kalo ada orang MLM, apapun produk dan skemanya gue mah lari aja

      Delete
    2. Salah satu ciri MLM. suka bikin gathering, seminar testi atau seminar-seminar kyk gitu.

      Coba bisnis yg wajar seperti produk Susu Ultra atau Mobil Daihatsu apa mereka suka bikin seminar rutin ?

      Delete
  3. Mksh pengalamanya sangat bermanfaat. Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Terima kasih atas info dan sharingnya. Hambir saja tergoda. Hege

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya termasuk yang tergiur beli mesin sama seperti Anda pak🤣🤣🤣

      Delete
  5. Mantab sharingnya bro.. ada temen gw yang udah kedoktrin otaknya tiap hari kerjaannya update status ngebahas soal sukses, miliarder, pengusaha muda dll.. dan paling suka nyinyirin para pekerja karyawan.. hadehh kadang kasian liatnya.. hidupnya ga ada perubahan apa-apa, malah tambah pelit sama temen. hahah

    ReplyDelete
  6. Air nya sih biidznillah sy rasakan bagus dan byk manfaatnya ma syaa Allaah.tp utk ikut bisnisnyampe skrg sy blm trtarik dan emg dri dl males dgn MLM MLM an hehe.jualan airnya pun sy blm sanggup 😁 jd utk konsumsi pribadi aja ma klrga dan tmn klo ada yg mnta.krn emg niat awal beli mesin emg utk kesehatan sndri dan klrga sih

    ReplyDelete
  7. saya sangat awam tentang MLM karena sejak awal saya kerja kantoran. Dengan 'keluguan" itu pun akhirnya sayapun membeli mesin ini. saking menggebu-gebunya, ikut seminar sana sini, ajak orang sana sini, sampai saya resign supaya fokus. Alhamdulillah, Allah berkehendak lain. ternyata semakin saya pelajari, hati ini semakin menolak untuk membujuk, merayu, mengiming-imingi orang dengan segala testimoni yg diajarkan upline-upline. saya basicnya orang teknik, saya sudah buktikan, mesin ini benar-benar terbaik di kelasnya. namun, secara pribadi saya berpesan, Jangan ikuti MLM nya, jika ingin membeli mesinnya, beli tanpa MLM. harganya lebih murah. caranya, banyak koq yg jual, masih pada dikardusin, upline-upline membeli hanya untuk mengejar point (bonus). yg levelluk SD501 (harga 48 juta) kalau tanpa MLM hanya 15-20 juta aja. inshaAllah berkahnya terjaga, kita bisa berbagi air pada kerabat dan tetangga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mantap banget gan tipsnya! ga kepikiran sebelumnya hehe. Betul sekali kalau mau beli mesinnya ya pure karena ingin beli mesinnya bukan utk cepet kaya. Tajir dari MLM model begini bikin hidup ga tenang karena dikejar2 downliner2 yang ga puas.

      Delete
    2. Makasih info nya pak.. saya jadi semakin yakin untuk gak ikutan bisnis nya.

      Delete
    3. bila ada mesin sd 501 dengan harga spt tersebut saya pastikan itu mesin second/bekas.
      atau baru tapi id mesinnya tdk diberikan.tiap orang yg memiliki mesin otomatis memiliki id dan otomatis menjadi distributor enagig.
      jadi kalau bertujuan membeli utk kesehatan, minta id mesinnya.
      jika tidak dikasih berarti itu second mesin.

      Delete
  8. Pak Rahmat Papadian, boleh tahu gmn cara hitungan nya Leveluk SD501 menjadi 15-20jt TANPA MLM pak?
    Sy mau minat klo mesin di jual hrg segitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap kang. InshaAllah saya bantu semaksimal yg saya mampu. Ini no hp saya, 082158177531

      Delete
    2. Siap kang. InshaAllah saya bantu semaksimal yg saya mampu. Ini no hp saya, 082158177531

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. sama gan saya juga di iming2i bisinis itu , yang katanya bisa menghasikan uang puluhan hingga ratusan juga perbulan, tapi saya tidak terpcercaya begitu saja, padahal juga udh jelas dari BPOM tidak memberikan ijin produk itu untuk di jual di indonesia kan? jika di pikir secara nalar pun sebenernya sudah jelas bisinis itu MLM

    ReplyDelete
  11. walo begitu tapi kok masih ada yg sukses dengan halal ya.. kayak tetangga gw.. hehe yasudah balik ke masing2..

    btw manfaat airnya bagus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tulisan saya di atas kan saya ceritakan kalau leader saya itu sukses. Jadi bukan berarti ga ada, tapi ya SEDIKIT SEKALI yang sukses :)

      Delete
  12. Wahh bermanfaat sekali sharing nya gan. Terima kasih banyak. Btw baru2 ini ane juga ditawarin bisnis kangen water ini, cuma karena dulu pernah punya pengalaman buruk sama MLM, jadinya langsung pasang mode defensive pas dengerin salesnya ngomong ttg kangen water. Anyway airnya bener2 bagus ya gan? Apakah efek2nya seperti yg dikata salesnya gan?

    ReplyDelete
  13. Wahh bermanfaat sekali sharing nya gan. Terima kasih banyak. Btw baru2 ini ane juga ditawarin bisnis kangen water ini, cuma karena dulu pernah punya pengalaman buruk sama MLM, jadinya langsung pasang mode defensive pas dengerin salesnya ngomong ttg kangen water. Anyway airnya bener2 bagus ya gan? Apakah efek2nya seperti yg dikata salesnya gan?

    ReplyDelete
  14. Be smart akang akang, saya Alhamdullillah punya mesin kangen water tanpa harus beli mahal, saya beli seken, nyicil lagi, dan sekarang saya sudah menjual semua produk yg dihasilkan dari mesin ini tanpa harus membujuk pembeli. Tetap yakin dan gigih saja pasti ketemu hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. laku tanpa harus membujuk pembeli, cara nya gmn mas

      Delete
  15. Nyaris Tergoda saya juga.. sampai waktu itu saya diajak ke kantornya di Plaza Indonesia dan di iming-iming nanti bakalan bisa dapet 200 juta perbulan dan btw karena saya masih pelajar upliner saya sampai nyuruh saya ngutang dulu aja, cari 50 tetangga dan nyuruh minjem uang 1juta/tetangga wah disitu saya udah bener-bener ada yang gak beres dah untung aja gak jadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bajingan banget itu sih kalau sampai seenak jidat nyuruh ngutang, ga tanggung2 nyuruh ngutang ke 50 orang. kalau nanti ga bisa bayar, emang dia mau tanggung jawab? tega banget itu uplinernya gan

      Delete
    2. Saya juga dibela2in ambil kredit KUR...

      Delete
  16. Bnr banget tulisan ini. Beruntung yg tidak tergoda. Saya yg tergoda dan akhirnya membeli mesin tersebut dgn uang jamsostek hasil kerja saya 13 taon si perush swasta dan akhirnya saat ini sy menyesal. Skrg sy butuh uang untuk byr utang, mau ďijual nih mesin bingung mo jual kesiapa. Mgkn ada yg tau tmpt yg bs menerima barang second khusus mesin ini? Bisa tolong hub saya di 081289183120. Terimakasih.

    ReplyDelete
  17. Saya keluar dr mlm yg setahun saya geluti.. pertama karena nemu ceramah2 dari ustadz2 idola saya uas, uah . Abu salamah dan pimpinan nu pak siroj yg mengatatakan bahwa kebanyakan mlm itu haram. Ke 2 mlm itu hanya menguntungkan yg di atas saja.. contohnya... klo louncinng produk baru... siapa yg paling untung kebanjiran bonus.. tentunya..yg paling banyak donlineny....

    ReplyDelete
  18. Orang tua saya bergabung ke sistem itu. Dibilang MLM tapi ditegaskan bahwa sistem enagic bukan MLM. Awalnya fokus jualan airnya, tapi seiring waktu berubah ke mengejar poin.

    Adakah saran agar mereka tidak menyelam terlalu jauh ke sistem itu?

    ReplyDelete
  19. Hari ini, sy juga "kebujuk" ikut seminar MLM Kangen water. Sy pikir diajari bisnis nyata jualan air berkhasiat, tp nyatanya jualin mesinnya yg harganya selangit itu...🤪🤭

    ReplyDelete
  20. Saya hampir saja masuk rayuan bisnis ini. Memang benar Akil utamanya adalah kudu pinter ngomong dan mempengaruhi orang. Saya ikut pelatihan online nya selama sebulan dg harga 500rb an. Awalnya sih bagus isi materinya ttg strategi jualan, namun di pekan terakhir kita sampai disuruh beli domain dll itu sbg media promosi mereka. Dengan dalih sampai dimana komitmen kita dalam memperjuangkan ekonomi untuk keluarga tercinta, apakah sudah sampai ke level komitmen apapun akan saya lakukan, upline ini berhasil menggaet bbrp teman pelatihan saya. Intinya secara halus memang disuruh cari uang bgmn caranya agar bisa beli alat itu. Bisa dg mencicil dll. Saya dah mulai curiga dan akhirnya bersyukur ga ikutan "terhipnotis" untuk melakukan apapun untuk dpt membeli alat itu. Pokoknya mereka pinter banget memainkan emosi targetnya.

    ReplyDelete
  21. saya saat ini juga d tawari. dan masih berpikir2. karna untuk beli alatnya masih cari pinjam sana sini.

    ReplyDelete
  22. Assalamualaikum,
    Rekan" semua izin bertanya.
    Saya sudah 2 kali diajak teman saya bisnis di enagic menjual water kangentr . Pertanyaan saya untuk lebih meyakinkan diri saya. Apakah benar bisnis enagic kangen water itu MLM.
    Terimaksih.
    Wassalamualaikum.

    ReplyDelete
    Replies


    1. Alhamdulillah, saya malah punya mesin banyak, saat ini ada lebih dari 15 mesin, bisa menolong orang2 yg sakit cancer dan sakit kronis, krn Hydrogen rich water yg keluar dari mesin ini memang bermanfaat, airnya dijual dan diminati banyak orang, shg sudah balik modal semua.

      Coba melihat dari sisi manfaat, bukan dari sisi bisnisnya saja.

      Saya kira hanya orang2 yg bermindset miskin, yg hanya melihat dari sisi negatif segala hal.

      Dan ajaibnya, semakin saya gratiskan airnya (sedekahkan), semakin saya mendapat keajaiban dari sedekah air.

      Saya ajari cara nya mendulang rejeki dari sedekah air ajaib ini mau?

      Silahkan hubungi saya di nomor WA: 0813-2811-9375 (area jawa tengah)

      Delete
  23. Mesinnya bagus, airnya bagus, cuma memang harganya aduhai jadi kalau mau jualan musti punya koneksi yg tajir2

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah, saya malah punya mesin banyak, saat ini ada lebih dari 15 mesin, bisa menolong orang2 yg sakit cancer dan sakit kronis, krn Hydrogen rich water yg keluar dari mesin ini memang bermanfaat, airnya dijual dan diminati banyak orang, shg sudah balik modal semua.

    Coba melihat dari sisi manfaat, bukan dari sisi bisnisnya saja.

    Saya kira hanya orang2 yg bermindset miskin, yg hanya melihat dari sisi negatif segala hal.

    Dan ajaibnya, semakin saya gratiskan airnya (sedekahkan), semakin saya mendapat keajaiban dari sedekah air.

    Saya ajari cara nya mendulang rejeki dari sedekah air ajaib ini mau?

    Silahkan hubungi saya di nomor WA: 0813-2811-9375

    ReplyDelete
  25. Sebetulnya ini tergantung dari mindset masing2 , mau usaha apapun jika tidak dijalankan ya gak ada hasil apapun , Saya Ingin share disini ,saya memang memiliki mesin KanGen Water bukan karena di prospek oleh Orla dan juga bukan karena hobi jualan ,, tetapi karena memang berasal dari suatu kondisi kesehatan yang memang pada suatu kondisi saya yang mencari ikhtiar apapun itu ,, Alhamdulillah dengan seizin Allah Kondisi sakit saya dan keluarga bisa sehat kembali (Air yang dikonsumsi sebelum memiliki mesin nya berasa manfaatnya) dan semua ikhtiar sudah kita jalani. Dan sampai terfikir untuk memiliki mesinnya karena dengan memiliki mesinnya yg ada dipikiran saya cm simple miniml mengurangi biaya beli air kemasan dalam jangka waktu panjang. Alhamdulillah memang dengan seizin Allah saya memiliki mesinnya . Alhamdulillah memiliki mesin bisa bersedekah juga bisa berbagi manfaat kepada orla tetapi benar2 niat berbagi tanpa menjual airnya sama sekali.. jadi bisnis dan konsep penjualan Mesin nya memang balik ke masing2 individu , mau dijalankan silahakn gak juga ya GPP, seperti halnya kita membeli sebuah elektronik atau kendaraan. Tetapi seiring waktu rekan keluarga banyak bertanya tentang manfaat airnya nya dan mesinnya ternyata secara gk sadar itu ada sistem bagi hasil yang diberikan oelh kantor jika memang rekan keluarga membeli mesinnya . Dan singkat cerita dari 1 mesin hasilnya saya kumpulkan bisa terbeli 2 mesin untuk orangtua , mertua dan hasil berikutnya bisa membantu dalam hal pembangunan rumah sebagian besarnya di peroleh dari hasil pembagian hasil kantor yang saya secara tidak langsung ikut terlibat penjualan secara masif..

    ReplyDelete
  26. Foundernya ENAGIC mempunyai filosofi True Health :
    Physical = Sehat badan
    Financial = Sehat finansial
    Mental = Sehat mental (bahagia)

    Punya mesin harapannya sehat badannya
    Njalanin bisnisnya tercapai sehat finansialnya

    Badan sehat kantong kosong PUSING
    Kantong tebal badan sakit MENDERITA
    Badan sehat dompet tebal tercapai sehat mental (BAHAGIA)

    Kenapa mesin kangen water dijual dengan sistem Direct Selling :
    1. Memberi kesempatan kepada pengguna mesin untuk bisa
    balik modal dan bahkan meningkat ekonomi nya dengan
    menjalankan bisnisnya. Jika dijual retail/konvensional maka
    yang dapat untung adalah pemegang hak jual atau rantai
    distribusi spt. agen, pemilik toko atau mall. User atau pemakai
    mesin tidak mendapat untung karena jadi ujung rantai
    distribusi. (murni konsumen). Seperti halnya orang beli barang
    elektronik(tv,komputer,hp) , mobil, motor dll.
    2. Dengan sistem direct selling maka orang yang beli mesin tidak
    saja dari orang yang tajir atau mampu. Bahkan orang yg dalam
    kondisi finansial sedang terpuruk (terlilit utang misalnya) atau
    kurang mampu dan bisa melihal peluang untuk merubah hidup
    akan lebih mempunyai alasan yg kuat untuk memiliki mesin
    kangen water. Bayangkan jika dijual retai. Hanya orang orang
    yg punya dana lebih yg mau dan mampu beli mesin ini.
    3. Maka harapan dari founder Enagic adalah semua orang
    didunia dari semua kalangan bisa merasakan manfaat dari
    mesin ini baik dari kesehatan maupun financialnya. Yg pada
    akhirnya menjadi sebuah keluarga besar Kangen Water se
    dunia.
    4. Sebagai pemilik mesin ..bisa menjalankan bisnis ini dimana
    saja. Pergi ke eropa atau kanada atau amerika bisa langsung
    memperkenalkan bisnis ini ke orang disana. Global .

    Masyarakat Indonesia sebagian besar sudah apriori dengan bisnis MLM / Network marketing karena ulah orang yg menjalankan bisnis model ini dengan keliru. Bahkan ada oknum yg memanfaatkan untuk mengeruk keuntungan dr bisnis ini.
    Disinilah dibutuhkan kecermatan dalam memilih perusahan MLM. Bahkan walaupun perusahaan MLM tersebut baik dan jujur namun pelaku2 didalamnya ada yg tidak baik dalam menjalankannya. Terkesan mengejar2, menjual mimpi, overclaim dll. Pilihlah leader MLM yg benar2 menjalankan bisnis ini dengan benar. (Santun ,mendidik dan bisa jadi contoh pengembangan pribadi)
    Mergabung MLM berarti harus siap BELAJAR DAN BERUBAH. Perubahan mindset, perilaku, pola hidup dll.
    Pemalu menjadi pemberani
    Nggak jago ngomong jadi pinter ngomong
    Kurang percaya diri jadi PD..
    Malas belajar jadi pembelajar..
    Bertemu dng berbagai macam karakter orang
    Berlatih mental dng menghadapi penolakan2
    SEMUA BISA DIPELAJARI...
    DAN BUTUH PROSES...

    TAPI KALO NGGAK SIAP BERUBAH ...JANGAN GABUNG MLM..

    MLM hanya salah satu jenis marketing
    masih banyak jenis marketing atau pekerjaan yg mungkin lebih cocok buat kamu ..

    note :
    Ketika sudah gabung MLM dan ternyata leadernya tidak sesuai dng yg diharapkan ..carilah leader2 yg lain atau bahkan jalankan sendiri..buat support sistem sendiri yg sesuai dng karakter sendiri. Masing2 leader punya cara dan style tersendiri dalam mengelola jaringannya.




    ReplyDelete