Wednesday, November 14, 2018

Pengalaman Hunting Mencari Gedung Tempat Resepsi Pernikahan / Wedding Venue.

Tahun 2019 saya berencana menikah dan mulai dari pertengahan tahun 2018 saya sudah mulai cari-cari tempat resepsi wedding venue untuk pernikahan di Jakarta. Dan saya sangat terbantu sekali dengan blog-blog para capeng yang share soal hunting tempat-tempat resepsi di Jakarta, berhubung saya anak pertama dan belum pernah ada pengalaman bantuin temen atau saudara yang menikah jadi pada awalnya saya bener-bener ga tahu sama sekali mulainya gimana, murah mahalnya seberapa, dsb. Semoga tulisan ini bisa menjadi guideline kecil-kecilan buat para capeng yang juga sedang merencanakan wedding ceremony tahun depan ya :) 
Jadi setelah saya wara wiri cari gedung area Jakarta Selatan dan Pusat (baru dikit sih), saya jadi tahu ada 2 tipe cara penyelengaraan pernikahan di gedung: ambil paketan gedung (atau hotel) & ngeteng.

1. Paketan Gedung
Cara ini cocok buat yang sibuk kerja, ga punya banyak waktu untuk cari vendor sana sini cari berbagai vendor. Semua udah sepaket sama gedungnya. Nanti kita tinggal pilih-pilih aja perintilannya (dekor, baju, catering, dll) biasanya pihak gedung akan kasih daftar vendor-vendor rekanan si gedung yang bersangkutan. 
Hemat waktu sih tapi harga paketannya jelas relatif jauh lebih mahal ketimbang "ngeteng", dan harga yang awal yang tertera itu cuma harga awal saja yang mana nanti pastinya banyak biaya-biaya tambahan lain biasanya tambahan porsi catering (penting banget tau rincian cateringnya apa saja dari harga paket yang tertera) dan tambahan rias busana. Tapi nilai plusnya banget dengan ambil paket gedung ini adalah kamu ga usah buru-buru booking gedung karena dengan harga yang jauh lebih mahal itu maka slot tanggal yang kosong akan lebih banyak yang available, bahkan H-sebulan juga masih bisa booking. Jadi kamu akan lebih santai. Kalo sewa gedung-gedung pemerintahan jangan harap kamu bisa begini, minimal setahun sebelumnya kamu udah book tanggal alias bayar DP! 
Gedung-gedung yang saya kroscek harganya antara lain: 

- GRAHA ELNUSA (TB. Simatupang), PATRAJASA (Gatot Subroto, Kuningan), Grand Slipi (Jl. Letjend. S. Parman).

Mereka ini satu managemen dari Wedding Organizer bernama HIS. Yang saya kontak cuma El Nusa saja karena lebih dekat dari rumah dan lebih murah. 

Whatsapp contact person El Nusa: 081319797403 (mba Viska)
Ig: @his_grahaelnusa @his_patrajasa @his_grandslipi 

 

Melihat pricelist nya saya langsung mundur deh karena out of budget banget!

- SUCOFINDO (Jl. Raya Pasar Minggu), SOVEREIGN (TB Simatupang), & SMESCO (Gatot Subroto)
Saya cuma lihat harganya dari websitenya aja. Dan lagi-lagi skip deh lihat harganya. Mereka satu managemen dari WO bernama BRP. 
Website: http://gedungperkawinan.com/

3. PALMA ONE (Jl. Rasuna Said, Kuningan)
Di antara wedding hall di atas, gedung ini yang paling saya suka. Walau belum terlalu terkenal karena baru beroperasi sekitar 5 tahunan tapi dulu saya sempet hadir ke wedding temen disini dan saya terkesan karena acaranya seru, mc nya asik, dan well manage lah pokoknya. Ballroom nya juga bagus banget menurut saya, walau letaknya di lantai 6 tapi ada akses lift. Parkir muat banyak dan di daerah strategis pula dan weekend kuningan relatif ga macet.


Paket internasional siang 87juta, kalau malam 89,5jt. Sedangkan untuk paket pernikahan  tradisional (jawa atau sunda) +2jt. Tapi paket di atas itu masih yang basic banget banget ya, masih belum termasuk dokumentasi, make up, dan food stall tambahan (karena gubukannya cuma 3).

Contact person: Ibu Anie 082112313685 (WA) orangnya ramah dan yang terpenting fast respons! 

Untuk kelas menengah ngepas kaya saya mungkin ga usah mimpi kali ya nikah di gedung sekelas Menara 165 dan gedung-gedung hotel ibu kota karena harganya sekitar 300 jutaan ke atas! Nyerah saya mah. 

2. NGETENG 
Nah mayoritas kelas menengah jakarta rata-rata pakai cara "manual" yakni cari gedung, lalu cari catering, lalu cari vendor lain-lainnya. Kalau pakai cara ini, saran saya persiapkan minimal 1 tahun sebelum hari H atau bahkan lebih untuk yang mengincar gedung bagus dengan harga sewa dibawah 10 juta. Karena uang yang dihemat akan lumayan banget memang. Hitungan kasarnya begini, sewa gedung anggaplah harga 20juta (sudah termasuk semua chargenya, dan tentunya banyak gedung yg lbh murah tapi harus rela berebutan sama capeng lain), dan catering untuk tahun 2019 itu sekitar 70jutaan untuk 600 orang. Total 90jutaan, ditambah biaya lain seperti undangan, cincin, souvenir paling jadi 120jutaan. Lumayan banget kan ketimbang paketan gedung yang bisa sampai 160an juta lebih untuk jumlah undangan yang sama. 
Nah Kita mulai yah:

- Gedung Deptan / Kementan. 
Ini gedung top list saya karena saya tinggal di ampera dan nyokap saya pensiunan PNS pertanian dengan harapan ada diskon hehe. Dan saya baru tahu belakangan kalau gedung ini adalah gedung paling diperebutkan se jakarta! Karena lokasi strategis banget, parkir luas banget, gedungnya mewah, dan harga sewa yang dibawah 10 juta! Dengan begitu keadaannya, kita jangan berharap banyak untuk dapet slot ya. 
Kalau mau datang kesini harus dateng hari kerja, cari aja gedung A terus bilang ke resepsionisnya mau ketemu Pak Riswanto, tulis nama dan titip KTP. Waktu tulis nama di buku, saya lihat banyak banget di hari-hari sebelumnya capeng-capeng yang mau ketemu dia hahaha. Nah karena pak Riswanto sedang rapat jadi saya ketemu sama seorang ibu yang saya lupa namanya. 
Harga sewa untuk tahun 2018 8,5 juta aja tapiii sudah full sepanjang 2019! Padahal saya datang kesana itu masih bulan juli 2018 dan pendaftaran tahun 2020 belum dibuka. Hadezig! 
Jadi pas ngobrol sama si ibu, dia bilang memang gedung deptan ini banyak diisi oleh capeng orang dalem, yakni anak-anak PNS yang masih aktif. Malesin banget kan! 
Jadi saran saya para capeng ga usah buang-buang waktu buat kesini, mending langsung WA aja Pak Riswanto untuk tanya slot. Balesnya emang lama tapi dibales kok. Setelah itu saya iseng tanya untuk tahun 2020 pendaftaran dibuka kapan, katanya biasanya bulan juni 2019. Jadi nih yang mau nikah disini ancang-ancangnya kudu 2 tahun sebelumnya lol! Deket-deket bulan juni langsung kontak aja Pak Riswanto atau datang langsung untuk book tanggal. Itu pun kalo kamu beruntung masih ada sisa slot tanggal yang kayanya udah diisi duluan sama anak-anak PNS Kementerian Pertanian. 
Buat orang luar yang tahun ini dapet gedung ini buat acara nikahannya share dong pengalamannya kok bisa dapet disini? :D 
Contact person: pak Riswanto 081288841790 (WA). 
Selain Deptan di Jakarta Selatan, Di Jakarta Timur/Pusat juga ada gedung Depsos Salemba yang level berebutannya sama kaya deptan, teman saya yang nikah di gedung ini bilang dia dp gedung 1,5 tahun sebelum acara.

- Wisma Balai Makarti Muktitama. 
Perlu diketahui kalau gedung-gedung pemerintahan emang jadi favorit banget di kalangan para capeng karena harga sewanya yang terjangkau. Di Jaksel, selain Deptan juga ada gedung ini walau ga seberebutan deptan juga sih, karena gedungnya emang ga terlalu bagus kalau menurut saya, banyak sisi-sisi bangunan yang rompal-rompal dan nanti pas acara harus pakai standing AC, kelebihan utamanya adalah parkirnya luas banget. Pas kebetulan lewat gedung ini saya sekalian kesini buat tanya-tanya. Kantor selertariatnya nyempil di pojokan. Oh iya kalau mau kesini harus hari kerja juga ya. Sayang banget pas saya kesini bulan juli 2018 kata ibu pengelolanya pendaftarannya belum dibuka entah kenapa dan dia sendiri ga tahu kapan mulai dibuka. Jadi yang mau di gedung ini harus aktif telepon-telepon (ga ada Whatsapp, so far by phone call only). Untuk sewa tahun 2018 7,5juta saja. 
Telp: 0217993376

- Gedung Antam. 
Nah sebetulnya saya sudah males nyari gedung murah yang bagus. Opsi wedding ballroom yang terpikirkan oleh saya adalah gedung ini yang masih cukup dekat dengan rumah saya. 
Contact Person: Ibu Yetty 08128095721 (sms aja no email kalian nanti dikirimkan price list nya). 
Berikut harga sewa untuk tahun 2019: 


Begitu lihat rincian biaya sewanya ini saya langsung angkat tangan dan aturan lainnya seperti minimal tamu 800 orang dan charge-charge lain yang bikin saya langsung skip gedung ini, tapi kalau dari segi hitungan antam lebih murah daripada paketan gedung.

- Gedung LPPI 
Contact Person: Bapak Sugiarno 081314406986 (WA, fast respon)
Biaya sewa: 



Saya sempet dateng ke gedungnya untuk lihat-lihat. Tapi menurut saya, dengan harga sewa segitu beserta chargenya masih bisa dapet gedung yang lebih bagus. Karena gedung LPPI ini sederhana banget menurut saya apalagi kalau weekend kemang itu biasanya macet, tapi parkirannya luas sih. Ditambah ada charge catering 15%, catering murah sekarang kurang lebih 70-80juta untuk 600 tamu, silahkan dikali 15% untuk yang akan ditambahkan bila memakai gedung ini. Untuk itu penting banget memperhatikan beban charge ini, karena tiap gedung itu beda-beda banget. Jangan buru-buru tergiur dengan harga awal yang termpampang.

- Gedung PPSDM Kemenkes, Jl. Hang Jebat Kebayoran Baru

Untuk gedung ini saya ga survey langsung ke tempat. Saya cuma tanya-tanya harga sewanya via WA. Kalau dari hasil googling itu kayanya kapasitasnya ga terlalu besar ya, 1000 orang udah desekan banget. Dan yang bikin males ga boleh makan di area karpet, ga usah pake karpet aja sekalian kalau gitu hehe. 
Berikut detil harga sewanya: 



Kontak person: 085883568805 Bapak Miftah, whatsapp fast response. 

- Gedung Dharma Wanita Persatuan Pusat, Jl. Pedurenan Masjid Kuningan.
Saya sempet kesini untuk liat-liat pas lagi kelar acara wedding. Interiornya bagus, dominasi warna white and gold, ceiling-nya juga tinggi dan anggun. Minusnya parkirnya ga luas di basement gedung, tapi masih gapapa karena kalau ga cukup parkir di pinggir-pinggir jalan area gedung tersebut. 
Yang bikin saya skip gedung ini lagi-lagi karena biaya sewanya. Harga pokok sewanya sih murah yah, tapi charge-charge nya banyak banget! Mulai dari catering walau rekanan sampe charge dokumentasi dan charge dekorasi. 


Kontak: whatsapp Pak Budi 08569882585 fast response. 

- Nyi Ageng Serang 
Pertimbangan memilih gedung ini karena lokasi strategis di Kuningan dan MURAH. Kalau parkir ga cukup bisa parkir di tetangganya: Pasar Festival yang cuma selemparan kutang. Dan harganya murah cuma 6,5jt utk tahun ini. 
Tapi akhirnya saya cancel karena: 1. Saat saya tanya harga utk 2019 cp belum bisa kasih tau. Padahal itu udah bulan oktober 2018. 
2. Saya sempet liat-liat gedungnya, dalamnya agak kecil ya dan atapnya rendah. Agak jadul deh pokoknya. Dari hasil googling sih emang disini cuma buat 600pax aja kayanya. 
Kontak: Pak Soleh 085718303230 (WA) 

- Kementrian Tenaga Kerja 
Untuk gedung ini saya ga survey langsung, dari hasil googling sih katanya tamu harus lewat pantry dulu ya untuk masuk ke Ballroom. 
Nilai plusnya lokasi strategis di gatsu, ruangan luas. Mungkin kalau ga ketemu venue Felfest UI saya akan pilih gedung ini. 
Harga sewa 17jt, akad 500rb, izin kepolisian 400rb.

Kontak: Bu Yatmini 081511151748. Ga kaya gedung pemerintahan lain, Bu Yatmini ini termasuk cepet bales chatnya dan cukup informatif. Dan mungkin karena harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan gedung pemerintah lain, jadi gedung ini ga terlalu berebutan lho. 

- Felfest UI 
Nah saya tahu gedung ini ga sengaja waktu lagi browsing-browsing. Dan ternyata ada instagramnya, dan setelah scrolling ig nya saya langsung jatuh cinta! Entah kenapa saya jadi ga bisa kepikiran gedung lain selain Felfest. Ini nilai plus-nya buat saya:

1. Menawarkan konsep semi outdoor + pemandangan danau (danau gitu lho! Jarang-jarang kan, danaunya juga luas bukan danau buatan kecil macem kolam gitu). Kalau yg udah intip ig nya pasti tau nanti akadnya kita di pinggir danau. Cocok banget yang mau nikahan dengan tema rustic. Sedangkan kalau menurut saya tema rustic itu agak maksa kalau venuenya di gedung-gedung perkantoran klasik. Juga dari yang saya baca di web-web wedding, tema rustic dan nikahan semi outdoor memang lagi trend banget beberapa tahun belakangan. 

2. Arsitektur gedungnya juga bagus dan kekinian buat saya. Instagramable banget lah pokoknya. Tipe-tipe glass house gitu dengan dominasi warna putih. Fyi, ini termasuk gedung baru, beroperasi pada tahun 2017. Jadi masih kinclong lah. 
Jadi buat yang udah bosen sama gedung-gedung klasik perkantoran dan mau cari wedding venue dengan suasana yang berbeda dan masih di jakarta (ini wilayah masuknya ke Jagakarsa ya bukan depok) gedung ini cocok banget buat you! 

3. Berhubung saya Alumni UI ada diskon sebesar 500rb. Ga banyak tapi lumayan kan. Salah satu alasan kuat adalah Felfest UI adalah tempat kenangan masa muda saya. Tempat saya kuliah, tempat saya lari sore, pacaran dll. Jadi sekalian aja dijadikan tempat nikah hahaha.  

4. Bisa foto prewed juga disini, gratis selama bukan hari yang ada kondangannya. 

5. Felfest punya salah satu rekanan catering namanya Kencana Mas. Kalau pakai catering ini biaya sewa gedung dibayarin lho! Ga tau kalau catering rekanan lain gimana. Dan kalau mau pakai catering di luar rekanan pun charge cuma 5jt aja (kalau gedung lain itu bisa mahal banget lho!). Nanti saya buat page tersendiri untuk bahas catering yah. 

6. Charge-charge lain seperti charge dokumentasi, dekor yang non rekanan, juga cuma 1jt aja masing-masing.

7. Nah faktor ini nih yang membuat gedung ini priceless di mata saya, yaitu faktor nostalgia. Saya orang yang suka banget mengenang memori-memori indah. Nah gedung ini konsepnya "open house", setiap hari gedung ini tuh terbuka. Siapa aja boleh masuk (kalau bawa mobil ke dalem bayar 4000). Jadi kalau lagi ga ada acara nikahan kita bisa masuk ke dalem, hall roomnya juga pintunya kebuka sampe atas. Jadi kalau suatu hari saya lagi mau bernostalgia akan hari bahagia itu, saya bisa kesana sambil lari sore di UI hihi. Gedung lain jarang banget kan yang bisa begini, paling banter cuma liat dari parkirannya aja. Berani masuk bisa diusir satpam hihi. 

Nah karena faktor-faktor inilah yang membuat saya pada bulan November 2018, akhirnya saya DP di Felfest untuk bulan Agustus 2019! Sengaja pilih agustus karena itungannya masih musim kemarau.  Walau sempet galau apa masih mau cari gedung lain yg lebih murah, tapi hati saya ga bisa ke lain gedung hehe. Dan maret 2018 kemarin saya tanya ke cp katanya tahun ini cuma sisa beberapa slot aja lho itu juga di tanggal-tanggal deket tahun baru. Jadi gedung ini meski baru, udah laris banget ternyata! Jadi buat yang mau nikah 2020 mending buruan deh, jangan lupa pertimbangkan musim ya. 

Di luar itu semua tentu ada beberapa kekurangan, walau bagi saya ga terlalu masalah sih. 
1. Area parkir utama depan gedung cuma 70an mobil. Sisanya bisa parkir di samping dan di belakang gedung (sampingan sama kebon-kebon). Kalau masih ga cukup juga bisa parkir di bahu jalan (tenang aja ini jalannya sepi kok bukan jalan akses ke kampus ui, buat yang sering ke UI atau makan di mang engking pasti tahu deh) jadi total mungkin bisa 300an mobil kali ya. 

2. Gedung ini terdiri dari 2 lantai. Lantai 1; lantai 1,5; lantai 2. Kita Bisa pilih mau sewa lantai 1 aja atau sama lantai 2 juga. 
Kalau sewa 2 lantai, biasanya pelaminannya di lantai 2 (tapi capeng bisa request kok pelaminannya mau dimana, di area outdoor juga bisa). Dan otomatis tamunya jadi kepisah-pisah kan, ga ngumpul di 1 tempat dengan pelaminan sebagai fokus utama. 
Maka dari itu saya akhirnya cuma sewa lantai 1 + outdoor aja, karena tamu saya juga cuma 800pax aja. Kalau untuk 1000 tamu mungkin harus sewa 2 lantai ya. 
Kalau hujan gimana? Nah ini fungsinya lantai 1,5. Jadi kalau nanti mendung tanda-tanda akan turun hujan, gubuk-gubuk makanan akan dipindah ke lantai ini, dan akad akan dipindah di depan pelaminan. 
 
3. Menurut saya ini adalah tantangan terbesar dalam memilih gedung ini, yaitu meyakinkan para orang tua! Kebanyakan Para orang tua itu mindsetnya masih stuck, bahwa nikahan yang bagus itu nikahan di gedung-gedung kantor full indoor dengan lampu-lampu chandelier, dan ga paham dimana bagusnya tema rustic dengan venue semi / full outdoor. Sedangkan di kalangan millenial trend sudah bergeser dan trend akan selalu berubah! 
Tapi ingat, ini adalah hari kedua mempelai! Bukan hari para orang tua apalagi hari para tamu. Jadi seharusnya capeng punya otoritas penuh untuk menentukan nikah dimana, selama venue nya masih layak kunjung, bukan di pinggir tumpukan sampah bantar gebang, jadi harusnya para orang tua dapat memahami hal ini dengan dewasa. Jadi bersyukur lah wahai para capeng yang para orang tuanya ga banyak ngatur hahaha. 

Cp: lihat di bio ig nya aja ya @felfest_ui 

Harga sewa lantai 1 + outdoor 16 juta + akad 2jt. (Kalau sama lantai 2 tambah 2jt). 

Nah sekian sharing gedung, next saya akan bikin postingan tersendiri soal catering yang ga kalah menantang dari pencarian gedung ini. Dan buat semua para capeng, semoga semuanya dilancarkan!!!

30 comments:

  1. Kak saya mau nanya2 ttg pengalaman berobat ke puskesmas di Pasar Minggu. Bisa hubungi sy via email erlinprdn@gmail.com. Terimakasih

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Haiii ka, jadinya di gedung Mana? Untuk balai makarti nya sendiri gak ada no wa nya ya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih nyari2 nih sis. nanti saya update lagi ya. Iya untuk makarti cuma bisa dihub via telp aja

      Delete
    2. halo kak kami dari HIS SST wedding venue and organizer Jakarta Selatan, yang lagi cari gedung full carpet, ceiling tinggi dengan ac central, aku punya ballroom yg masih baru nih. arganya masih pre-launching dan banyak promonya nih :D disini sistemnya udah wedding package ALL IN, sudah include semua vendor yang tinggal dipilih, tanpa perlu cari-cari lagi :) kalau minat diskusi lebih lanjut silakan hubungi WA 089673793777 (Cecelia) ya kak :)

      Delete
  4. Mbaak mau tnya, di Palma one itu untuk sewa ballroom nya aja berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa sewa gedungnya aja gan kalo paketan gedung

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Hai ka jadi gimana ka sudah dapat gedungnya? Oh iya katanya gedung chandrasa di kopasus cijantung dan dharmaganti di kramat jati murah. Mungkin kk bisa coba survey mengingat daerah antam masih masuk daerah kk jadi ga begitu jauh hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya kalau disana kejauhan deh ^^

      Delete
    2. hai kak Tjoey kalao tau tinggal daerah mana nih kak? kakak deket sama Graha Elnusa ya? Aku ada venue nih kak daerah Kuningan, gedung terbaru dari HIS juga. Harganya masih prelaunching dan banyak promo :) Kalau kakak minat bs hubungi aku ya 089673793777

      Delete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. Halo kak kalo semisal punya dana 150K lebih2 dikir kira2 bisa dapet tempat dalam waktu 2 bulanan gak ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya 150jt? bisa banget, cuma ga bisa ngarep dpt gedung yg high demand yah. dan harus ikhlas dapet dekor, baju, dll "sisaan" karena udah kebooking capeng lain

      Delete
  9. hai kak,aku sekrng lagi di situasi kayak kakak nih,anak pertama yang gak tau sama sekali gimana ngurus pernikahan,dan aku cari2 sendiri pas banget baca blog kakak,ngebantu aku banget. kak,kalo boleh tau,akhirnya kakak dapet gedung dimana ya? karena skerng udah pertengahan 2019 dan aku ada rencana nikah th 2020 pertengahan juga jadi pas setahun,aku udah mulai hubungin beberapa gedung kementrian dan bener kata kakak,susah banget. mohon informasinya ya kak,akan ngebantu aku banget. makasiiih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku akhirnya di felfest UI say karena view beda dari gedung2 kondangan klasik. kalo mau nikah setahun kedepan biasanya gedung yg masih available itu gedung yg harganya 15-20 jutaan, sedangkan yg under 10jt hampir pasti udah fully booked say sama capeng yg book 2-1,5tahun lalu hehe

      Delete
    2. Buat para Bride & Groom to be, bisa nikmatin program saving di bulan Oktober yang mau menikah di HIS plaza BP Jamsostek, wedding all in package: -fasilitas gedung, dekorasi, catering, photography, entertaiment, MC, wedding organizer, dan wedding car, Bride & Groom hanya menyiapkan undangan & souvenir saja. dan yang pasti kita juga ada BONUS BONUS MENARIK, YUUK BURUAN BOOKING FEE !!! untuk mengikat tanggal idaman dan promo nya mudah kok Groom & Bride hanya menghubungi ALI:0813-1052-1995 (WPR

      Delete
  10. Thanks infonya. Oiya, saya juga mau share info menarik nih. Temen-temen tau ga sih kalo ada cara ampuh untuk mempersiapkan biaya pernihakan? Dan ternyata bukan dengan menabung loh. Temen-temen bisa cek di sini: jangan menabung untuk persiapan menikah

    ReplyDelete
  11. Halo, aku mau nawarin over dp gedung PPSDM Kementrian Kesehatan di daerah Mayestik, Kebayoran. Untuk hari Minggu tanggal 1 Desember 2019, akad pagi resepsi siang. Lokasi strategis belakang RSPP. Kapasitas 800 orang. Hall sudah half carpet jadi terlihat mewah. Parkir cukup luas. Harga gedung 15jt untuk resepsi, dan tambah 1jt untuk akad. Aku udah dp 8jt, bisa nego untuk over DP. kalo ada yg minat boleh wa ya di 08111365832

    ReplyDelete
  12. Ka, mau tanya" nih..hehehe
    Kalau yg gedung deptan itu dia boleh catering dri luar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget. Tapi mungkin ada charge kalau di luar rekanan ya

      Delete
  13. Hai Brides and grooms to be, Pastikan kamu menjadi pasangan yang beruntung untuk bisa mendapatkan promo Honeymoon Kamandalu Ubud + Free Foodstall Hongtang / Sushi Tei saat wedding kalian di HIS Plaza BP Jamsostek ( Gedung baru yang terletak di Rasuna Said, Kuningan, Setia Budi Jakarta Selatan.) Lokasi yg strategis & mudah diakses ini menjadi pilihan tepat untuk venue pernikahan. . Dengan package start from 258.800.000 untuk 600pax, kapasitas ballroom 1200pax.

    Booking tanggal pernikahanmu dan dapatkan special bonusnya! Celebrate your wedding in HIS Plaza BP Jamsostek to get your very valuable moment .
    More info : Cece 089673793777

    ReplyDelete
  14. Harga wedding sekarang mahal2 banget ya... Padahal aku 8 feb 2020 kemaren nikah di hotel Horison Ciledug cuma habis 45jt aja 😄😄😄. Konsepnya Intimate Wedding siiih wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah so happy for you <3 jarang2 ada ortu yg bisa kompromi utk nikahan intimate hehe. Btw 45jt itu yg untuk berapa orang?

      Delete
  15. Haii kak, terima kasih yaa review-nya sangat bermanfaat. Btw bikin postingan ttg review vendor-vendor juga dong kak :)
    Thank youu.

    ReplyDelete
  16. Ingin bekerja untuk mencari penghasilan namun tidak punya modal?? anda bisa bermain di JANJIQQ dimana anda bisa bekerja dan mendapatkan Komisi besar tanpa modal apapun yukk info lebih lanjut hubungi whatsapp ini +85570243722

    ReplyDelete
  17. Haiii calon pengantin, buat kalian yang masih bingung cari venue dan menyiapkan persiapan pernikahan kalian.

    Swasana Lippo Kuningan tentunya menjadi solusi yang mudah karena sudah menyediakan venue and all package, yaitu :
    1. Venue
    2. Catering
    3. Dekorasi
    4. Rias & Busana
    5. Entertaiment
    6. Photography
    7. MC
    8. Wedding Consultan
    9. Wedding Planner
    10. Wedding Organization on the day

    Serta dapatkan promo2 menarik seperti Honeymoon Trip, Foodstall Millenial by Janji Jiwa, Samsung Z Flip 4, Malaky Parfume (Suvenir).

    Jadi yang perlu dipersiapkan oleh para calon pengantin hanya suvenir dan undangannya saja, mudah sekali bukan?

    Untuk konsultasi lebih lanjut kalian dapat menghubungi
    Shalika - 0818972543

    ReplyDelete